Blog Kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang

Minggu, 08 Mei 2016

02.51.00 | Posted in by ITPLink UMM | No comments


               Indonesia merupakan salah satu penghasil pangan terbesar di dunia. Hal ini memacu resiko yang tinggi terhadap keamanan pangan di Indonesia pada khususnya, sehingga permasalahan yang berkaitan dengan keamanan pangan saat ini menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. HACCP dan ISO 22000 Awareness merupakan standar yang membentuk suatu sistem manajemen keamanan pangan, yang dirancang untuk digunakan pada semua segmen industri pangan dimulai dari penanaman, pemanenan, pengolahan, pabrikasi, distribusi dan penjualan sampai pada penyiapan makanan untuk dikonsumsi. 
Apa sih HACCP itu? apa sih ISO 22000 itu? sekedar info buat kalian yang belum tahu, HACCP (Hazard Analytical Critical Control Point) adalah sebuah metode operasi terstruktur yang dikenal secara internasional yang bisa membantu organisasi dalam industri makanan dan minuman untuk mengidentifikasi resiko keamanan pangan, mencegah atau mengendalikan bahaya dalam keamanan pangan dan menyampaikan kesesuaian hukum. Sedangkan, ISO 22000:2005 adalah suatu sistem tentang manajemen keamanan pangan yang melingkupi  kebijakan, tindakan, perencanaan, validasi, verifikasi, dan evaluasi serta perbaikan sistem tersebut. Manajemen sistem melakukan komunikasi di dalam maupun di luar manajemen tentang penanganan bahan datang hingga prodak dipasarkan. 
Food Management System pada ISO 22000:2005 memiliki 4 fundamental yaitu GMP (Good Manufacturing Practice) atau PRP (Prequiste Programs), HACCP, komunikasi (internal dan eksternal), dan koitmen manajemen. ISO 22000 berlaku selama 3 tahun. 


Berdasarkan permasalahan diatas HIMATEKPA mengadakan event lagi nih, yang sudah terlaksana pada 2-4 Mei 2016 di Auditorium 4 GKB II dan Aula Masjid A.R. Fachrudin  lantai 1 Universitas Muhammadiyah Malang. Singkat cerita kegiatan HACCP dan ISO 22000 Awareness yang pemateri atau trainer untuk pelatihan HACCP dan ISO 22000:2005 ini berasal dari suatu lembaga konsultan yaitu Geoanfield Solution. Lembaga ini berkantor di Surabaya, Jawa Timur. Nama pematerinya kak Egha Rodhu Ansah.  kegiatan pelatihan ini mengenai ISO 22000 yaitu tentang Food Safety (Keamanan Pangan) dan HACCP (Hazard Analysis Crictical Control Point) yaitu suatu sistem kontrol dalam upaya pencegahan terjadinya masalah yang didasarkan atas identifikasi titik – titik kritis di dalam tahap  penanganan dan proses produksi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, per hari pelatihan terdiri dari minimal 25 peserta dan maksimal 30 peserta dengan 1 trainer dan durasi pelatihan 8 jam per hari. seru bukan?, selain dapat sertifikat lagi-lagi kita dapat ilmu yang bermanfaat. Semoga ditahun berikutnya seminar dan pelatihan HACCP dan ISO 22000 Awareness bisa dihadirkan kembali agar makin banyak  orang yang mengerti dan memahami keamanan pangan Indonesia, sehingga industri pangan Indonesia tidak kalah dengan industri-industri asing lainnya.
HIMATEKPA,,Jaya Teknologi!!! J


0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site