Blog Kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang

Kamis, 28 November 2013

21.48.00 | Posted in by Unknown | No comments
salah satu Anggota peserta Lomba, sedang menjelaskan
produk olahan yang mereka tawarkan
pada salah satu dosen ITP 
Malang, 14 November 2013,- Pangan merupakan salah satu kebutuhan primer setiap makhluk hidup terutama manusia. Pangan memberikan kontribusi melalui segala yang ada didalamnya seperti karbohidrat, protein dan lemak sebagai kebutuhan makro serta mineral dan vitamin sebagai kebutuhan mikro. Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah memberikan SDA bagi pangan baik untuk kebutuhan nasional maupun internasioanal. Pangan yang bermutu juga akan mendongkrak ekonomi suatu masyarakat, karena konsumen sekarang adalah konsumen yang cerdas dan menjadi prasyarat untuk menembus pasar global.
Indonesia saat ini mengalami keterpurukan pangan, pangan yang diharapkan justru sulit untuk ditemukan. Padahal sumber daya yang dimiliki oleh negara Indonesia sangat melimpah, pangan lokal justru tidak laku dipasaran. Pangan impor yang lebih diminati oleh masyarakat.
Mahasiswa sebagai intelektual memberikan kontribusi kepada masyarakat, agar lebih mengutamakan pangan lokal untuk dikonsumsi, sebab beberapa penelitian menjelaskan
banyak bahan pangan impor yang mengandung pengawet buatan yang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar menyebabkan kanker.

Lomba pangan ini diharapkan mahasiswa lain mengerti bahwa pangan lokal bisa dapat dimodivikasi menjadi pangan yang bernilai jual tinggi, bukan hanya nilai jual tetapi, diharapkan menjadi wirausaha muda yang tidak buta dengan kondisi alam yang mengharuskan mahasiswa untuk lebih kritis dalam menghadapi permasalahan di Indonesia, salah satunya permasalahan pangan. 
Pada lomba yang diikuti oleh semua Angkatan di Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan ini, peserta menawarkan berbagai macam produk olahan dari bahan pangan Lokal seperti ubi jalar,  salah satu contoh olahan dari ubi jalar adalah Es krim, es krim menjadi salah satu produk yang terbaik dalam perlombaaan ini karena dinilai sangat menarik dan jga inovatif, tidak hanya ubi yang menjadi bahan unggulan dalam lomba tersebut, peserta lomba yang diadakan menjadi agenda rutin Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan ini juga menawarkan produk yang terbuat dari olahan  singkong, kacang Hijau, talas dan masih banyak lagi. Tidak hanya diisi dengan Lomba "Adu inovasi Pangan" lomba ini juga diramaikan dengan Acara Hiburan Musik dari masing-masing kelompok perlombaan. 

MORE PICTURE

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site